Cari Blog Ini

Senin, 13 Desember 2010

Menjadi manusia unggul yang survive

Dengan perkembangan jumlah penduduk di muka bumi pada saat ini yang hampir mencapai 6,5 milyar(banyak ya sob :-D), sangat ironis ketika justru terjadi kesenjangan sosial ekonomi yang makin menganga. yang tidak berdaya semakin tidak berdaya dan yang berdaya semakin mampu mengakumulasikan kekuatan modalnya sehingga menjadi kekuatan yang sukar ditandingi. inilah dampak globalisasi di bidang ekonomi. dalam kondisi seperti ini, maka bagi suatu bangsa tidak ada jalan lain kecuali harus mempersiapkan masa depannya sendiri dengan upaya yang harus semakin serius, bila bangsa tersebut menghendaki agar tetap survive dalam era seperti itu.

dalam konteks individual, era globalisasi telah membawa manusia memasuki era individualisme dan era kompetisi yang sangat ketat yang menjurus pada terjadinya zero zum game (yang menang hidup dan yang kalah mati). kompetisi nya tidak hanya pada kekuatan modal dan kecerdasan semata, tapi juga pada kegigihan (daya juang), kesabaran dan daya tahan (survival) dalam sebuah kompetisi yang panjang dan penuh tantangan .

dalam konteks moral dan nilai-nilai luhur agama, era globalisasi juga telah membawa manusia pada peradaban dunia yang tanpa mengenal batas. kebudayaan telah berkembang menjadi peradaban lintas negara yang cenderung melindas nilai-nilai kearifan lokal. pelanggaran terhadap nila-nilai moral dan etika bukan lagi menjadi tabu, tapi bahkan telah berubah menjadi sebuah kebanggaan.

http://alvakry.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar